Ide Satu Motor Ducati di MotoGP Dianggap Berbahaya

   Ide Satu Motor Ducati di MotoGP Dianggap Berbahaya

Jakarta, Indonesia -- Presiden Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA) Herve Poncharal menilai ide satu motor untuk satu pebalap di MotoGP yang dicetuskan oleh Ducati sebagai ide yang berbahaya.

Ducati menelurkan ide penggunaan satu motor untuk tiap pebalap demi menekan biaya balapan di tengah krisis akibat pandemi corona. Namun bagi Poncharal, ide tersebut berbahaya lantaran tidak mendukung keselamatan tiap pebalap.

Saya rasa hal itu tidak masuk akal bagi saya. Kita semua sudah memiliki format yang berjalan baik dengan keberadaan dua motor, misalnya dalam kondisi balapan flag to flag yang jadi pertunjukan menarik karena media dan penonton bakal tahu hal yang bakal terjadi."



"MotoGP memiliki latihan bebas keempat yang diikuti oleh kualifikasi pertama dan kedua, jadi tidak mungkin untuk menggunakan format yang ada selama ini dengan kondisi satu motor," kata Poncharal seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

Selain itu, faktor keselamatan menjadi dipertaruhkan bila MotoGP mengubah format menjadi satu motor untuk satu pebalap.


"Bila seorang pebalap menghancurkan satu-satunya motor, tim tersebut harus membangun motor kembali dengan cepat. Faktor keselamatan akan jadi masalah karena teknisi harus bekerja dengan sangat cepat tanpa melakukan pengecekan terhadap segalanya."

"Selain itu, tim tersebut butuh banyak orang untuk membangun motor," ujar Poncharal.
Copyright © 2016 Raja JP