Gokil! Rupiah Juara Asia, tapi Dinilai Masih Kemurahan?

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 14 April 2020 ... 

Menyebut rupiah sebagai jawara Asia memang tak berlebihan jika melihat performanya yang 'garang' minggu ini. Dolar AS dilibas tak berdaya di hadapan mata uang Tanah Air. Banjir sentimen positif membuat keyakinan investor membaik dan rupiah diburu. Meski sudah jadi jawara, rupiah dinilai masih kemurahan.

Nilai tukar rupiah yang menguat tajam di hadapan dolar greenback membuatnya menjadi mata uang paling seksi di kawasan Asia. Dalam sepekan terakhir nilai tukar rupiah menguat nyaris 5% terhadap dolar AS.

Penguatan ini jauh lebih tinggi dibanding apresiasi yang dicatatkan mata uang kawasan Asia lainnya. Tak tanggung-tanggung, kini rupiah sudah kembali di bawah Rp 14.000/US$. 
 
 
 
Bombardir berita baik seputar kembali digebernya perekonomian membuat risk appetite investor berangsur pulih. Pelonggaran lockdown dan segala pembatasannya telah dimulai sejak awal Mei oleh banyak negara di dunia.

Kini perekonomian global sudah mulai menatap era baru yang disebut 'new normal'. Kata-kata new normal seolah memiliki kekuatan magis yang mampu mendorong investor kembali memburu aset-aset berisiko seperti saham dan instrumen investasi di negara-negara emerging market, termasuk Indonesia.

Derasnya aliran asing yang masuk ke Tanah Air turut membantu penguatan nilai tukar rupiah. Pekan ini pemerintah melelang 7 seri SBN dengan target indikatif sebesar Rp 20 triliun. Namun penawarannya tercatat mencapai Rp 105,27 triliun. Artinya ada oversubscribed hingga 5,2x.



Copyright © 2016 Raja JP