Realme 7 Pro, Kamera Asyik tapi Grafis Kurang Greget

    Realme 7 Pro dilego seharga Rp4,999 juta yang bersaing dengan Oppo Reno 4 yang juga dijual di harga yang sama.

Jakarta, Indonesia --

Realme 7 Pro dilego di Indonesia di harga Rp4,999 juta. Di rentang harga yang sama ada Oppo Reno 4 yang juga dijual Rp4.999.000. Kedua ponsel pun sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 720G.

Hanya saja Oppo Reno 4 dibekali pengisi daya cepat 30 W yang bakal mengisi lebih lama dari Realme 7 Pro dan kapasitas baterai lebih kecil 4.015 mAh. Untuk kamera, Realme 7 Pro juga menyematkan empat lensa.

Kedua ponsel juga sudah dilengkapi dengan sensor NFC dan pemindai sidik jari bawah layar.

Realme 7 Pro dirancang cukup apik, bagian belakang sudah dilengkapi dengan sampul doff yang tak mengkilap. Sampul doff ini juga tidak banyak meninggalkan bekas sidik jari ketika ponsel digenggam tanpa sampul.

Dalam paket penjualan, Realme sudah menyertakan sampul plastik untuk melindungi bodi ponsel. Sampul cukup tipis dan hanya sedikit menambah kesan "gendut" pada bodi ponsel saat dikenakan. Sampul juga membantu ponsel lebih "ngegrip" saat digenggam sehingga tak licin.

Bodi juga dirancang baik sehingga ponsel terasa kokoh saat digenggam. Bagian layar dirancang lebih menonjol keluar bodi dengan model 2,5D. Layar ponsel sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 3+.

Layar ponsel juga sudah menggunakan panel Super AMOLED 1080 x 2400 piksel dengan kepadatan 411 ppi. Layar ini memberikan kecerahan warna yang variatif dan mampu menampilkan detil yang baik.

Ponsel juga dilengkapi dengan kartu SIM ganda. Port USB menggunakan tipe-C 2.0 dan bisa digunakan juga sebagai USB on-the-go (OTG).

     Realme 7 Pro

Ponsel dilengkapi dengan speaker tunggal di bagian bawah kiri dan speaker di bagian atas ponsel. Sehingga, ponsel bisa mengeluarkan suara stereo.

Saat dicoba dengan pengetes suara stereo, suara di bagian bawah terdengar lebih dominan dan bersih ketimbang sebelah atas. Kemampuan audio ponsel ini 24-bit/192kHz dan dilengkapi dengan port audio 3,5 mm.

Dalam paket penjualan, Realme tidak menyertakan headset untuk pengguna.



 Realme 7 Pro dilego seharga Rp4,999 juta yang bersaing dengan Oppo Reno 4 yang juga dijual di harga yang sama.

Untuk pengenalan biometrik, ponsel sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari optik sehingga bisa ditempatkan di bawah layar. Respons pemindai sidik jari ini cukup cepat, namun kerap gagal mengenali sidik jari jika posisi jari yang dipindai kurang tepat.

Ia pun sulit mengenali sidik jika jari yang dipindai sangat basah. Percobaan beberapa kali, pemindai berhasil mengenali ketika mengenai bagian jari yang tidak terlalu basah. Jika jari hanya lembab, sensor tetap bisa mengenali dengan baik.

Untuk pemindai wajah, ponsel ini juga menarik karena tingkat pengenalan dan respons terbilang cukup cepat juga. Bahkan ia bisa mengenali wajah pengguna ketika sedang menggunakan masker. Pada kondisi kurang cahaya ponsel masih bisa mengenali wajah pengguna.

Lantaran pengenalan wajah hanya mengandalkan kamera tanpa sensor inframerah, maka kamera gagal mengenali wajah di lokasi minim cahaya. Misal, jika latar terlalu cerah saat memindai sehingga wajah terlalu gelap untuk dikenali, ponsel gagal membuka kunci.

Namun, ini bisa disiasati dengan mengaktifkan fitur agar layar menyala ketika mengaktifkan pemindai wajah di bagian Pengaturan (Setting). Dengan demikian, kamera tetap bisa mengenali wajah pengguna.

     Realme 7 Pro


Selain itu, untuk pasar Indonesia, Realme 7 Pro sudah dilengkapi dengan NFC. Dengan fitur ini, pengguna bisa bertukar data lewat NFC dengan fitur Android Beam hingga melakukan pembayaran non tunai.

Namun, penggunaan NFC sebagai alat pembayaran belum jamak digunakan di Indonesia. Namun fitur ini bisa digunakan untuk mengisi ulang dan mengecek kartu pembayaran seperti eMoney Mandiri, Brizzi BRI, BNI TapCash, dan BCA.

Pengisian saldo pun kini makin mudah karena bisa langsung dilakukan dari beberapa aplikasi perbankan seperti Jenius, Digibak, atau aplikasi bank penyedia. Bisa juga melakukan isi ulang dari ecommerce seperti Tokopedia dan Blibli.com.

Performa

Baterai

Ponsel menggunakan baterai yang cukup besar, 4.500 mAh dan dilengkapi dengan pengisi daya cepat 65 Watt. Dengan pengisi daya secepat ini, baterai akan terisi penuh dalam 35 menit saja.

Diuji dengan aplikasi Battery benchmark, ketahanan rata-rata baterai hingga 9 jam pemakaian. Rata-rata baterai turun 1 persen dalam 5,5 menit.

Baterai bakal lebih cepat habis ketika digunakan untuk memotret, diperkirakan baterai habis 100 persen dalam 3,9 jam.

     Realme 7 Pro

Di Indonesia, Realme menggunakan chipset Snapdragon 720G. Padahal di beberapa pasar lain seperti Amerika Serikat pabrikan China ini menggunakan chipset Mediatek 800 U Dimensity yang sudah mendukung 5G. Dengan menyematkan Snapdragon 720G, ponsel ini meman bersaing ketat dengan Oppo Reno 4 yang menggunakan chipset serupa.

Berikut hasil benchmark Realme 7 Pro
AnTuTu: 278414(v8)
GeekBench: 1811 (v5.1)
GFXBench: 14fps (ES 3.1 onscreen)

Ketika digunakan bermain game Asphalt 9, grafis yang ditampilkan tidak terlalu mulus. Namun, tidak mengganggu jalannya permainan.

Dicoba untuk memainkan PUBG, grafis yang ditampilkan cukup baik. Speaker stereo pada ponsel ini juga cukup membantu mengenali arah tembakan dilepaskan, di kiri atau kanan, sehingga membantu jalannya permainan.

 Realme 7 Pro dilego seharga Rp4,999 juta yang bersaing dengan Oppo Reno 4 yang juga dijual di harga yang sama.

Pada bagian belakang ponsel disematkan empat kamera yang tersusun vertikal. Panel tempat kamera disematkan dibuat lebih menonjol keluar untuk memberi tempat lebih bagi lensa-lensa yang cukup panjang.

Komposisi empat kamera belakang ponsel ini sebagai berikut.
64 MP, f/1.8, 26mm (wide);
8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide);
2 MP, f/2.4, (macro);
2 MP, f/2.4, (depth)
Resolusi video 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps

Sementara untuk kamera depan dilengkapi dengan lensa beresolusi 32 MP, f/2.5, 24mm (wide) dan kemampuan merekam video 1080p@30/120fps.

Untuk memotret luar ruangan, kamera ponsel ini mampu menangkap gambar dengan baik. Sebab, warna yang dihasilkan tampak cemerlang. 

Kamera ponsel juga sudah dilengkapi dengan fitur HDR untuk membantu pemotretan dengan latar yang lebih cerah, alias ketika kamera tengah menangkap objek yang menantang cahaya. Kamera bisa memberikan gambar objek yang cerah ketika memotret dengan latar yang cerah.

    Hasil foto Realme 7 Pro


Kombinasi empat lensa dengan salah satu lensa merupakan lensa depth dan makro, memberikan hasil foto makro yang menarik. Realme 7 Pro bahkan dilengkapi dengan fitur ultra makro yang bisa memotret dengan jarak hingga 4 cm.



    Hasil foto Realme 7 Pro


    Hasil foto Realme 7 Pro


Ponsel ini juga menyediakan fitur Portrait yang bisa memberikan hasil foto dengan latar buram (blur). Berkat lensa depth, pengguna bahkan bisa mengatur sendiri tingkat keburaman latar yang diinginkan. 

Sebenarnya, tanpa fitur Portrait pun hasil foto Realme 7 Pro sudah memberikan efek latar yang kabur. Namun, dengan fitur Portrait, efek latar yang kabur bisa lebih ditingkatkan untuk memberi efek hasil foto yang lebih dramatis.


    Hasil foto Realme 7 Pro


Bokeh yang dihasilkan kamera juga cukup menarik, karena bisa memberikan titik fokus yang rinci. Misal pada foto bunga berikut. Bagian depan dan latar bunga berhasil diburamkan dengan baik.



   Hasil foto Realme 7 Pro


Hasil foto kondisi kurang cahaya

Untuk menguji kemampuan memotret di kondisi kurang cahaya, kamera digunakan memotret di malam hari dan dalam ruangan. 

Hasilnya, warna yang dihasilkan kamera ketika memotret di malam hari cukup cerah, meski tanpa menggunakan flash. Foto yang dihasilkan pun tidak berbintik, layaknya ketika foto kekurangan cahaya.



      Hasil foto Realme 7 Pro


Penggunaan flash malah menyapu warna dari objek yang dipotret.


     Hasil foto Realme 7 Pro



    Hasil foto Realme 7 Pro


Secara umum ponsel ini cukup memuaskan untuk produk di harga nyaris Rp5 juta. Kemampuan kamera juga cukup memuaskan dengan rancangan desain yang tak mengecewakan.

Jika dibandingkan dengan pesaing, Realme 7 Pro dilego di harga yang sama dengan Oppo Reno 4. Selain itu dari segi spesifikasi, keduanya memang berbeda tipis.

Realme menawarkan kapasitas baterai lebih besar (4.500 mAH) ketimbang Reno 4 (4.015 mAh). Sementara Reno 4 menawarkan RAM yang lebih besar (8MB) dibanding Realme 7 Pro (6MB).


Spesifikasi kamera pun sama-sama menggunakan konfigurasi empat lensa. Keduanya berbeda pada resolusi kamera utama, Realme dengan 32 MP dan Reno 4 dengan 48 MP.

Sehingga, pilihan tergantung pada kebutuhan pengguna. Jika butuh baterai lebih besar, Realme 7 Pro bisa jadi pilihan. Tapi jika kapasitas RAM lebih diutamakan, Oppo Reno 4 bisa diboyong.

Kelebihan

- Hasil foto cukup baik ketika di kondisi kurang cahaya.

- Kelengkapan NFC memudahkan isi ulang kartu uang elektronik.

Kekurangan

- presisi pemindai sidik jari kurang 

- kemampuan grafis chipset masih kurang 

Spesifikasi Realme 7 Pro


SpesifikasiRealme 7 Pro
Layar
Super AMOLED 6,4 inci
Kamera
kamera selfie 32MP
Kamera belakang 64MP Sony IMX682.
widelens 8MP 119 derajat,
lensa makro 2MP dan,
depth 2MP
Memori
6Gb dan 128 GB; 6GB dan 128 GB
Baterai4.500 mAh
Chipset
Qualcomm Snapdragon 720G
Lain-lain
Audio jack 3,5mm, USB Type-C, Dual SIM, Sensor sidik jari dalam layar, NFC
Harga
6Gb dan 128 GB Rp4 juta (19,999 rupee); 6GB dan 128 GB Rp4,4 juta (21,999 rupee)







Copyright © 2016 Raja JP