Sering Olahraga Tapi Bobot Tubuh Tak Turun? Ini Penyebabnya

 Sering Olahraga Tapi Bobot Tubuh Tak Turun? Ini Penyebabnya 

Banyak orang yang berolahraga secara rutin dan mati-matian untuk menurunkan berat badan. Olahraga ini sering menjadi pilihan yang paling baik untuk menurunkan berat badan sembari menjaga tubuh tetap bugar.

Namun tak jarang juga terjadi bahwa walau kita sudah berolahraga secara rutin, namun berat badan tak kunjung menurun. Bahkan pada beberapa kasus, bukannya menurun, berat badanmu malah semakin bertambah.

Kasus unik seperti ini sesungguhnya bukanlah hal yang terlalu aneh. Banyak orang yang sudah aktif berolahraga namun berat badan mereka malah meningkat.

Sebuah peneliti mengungkap bahwa terdapat beberapa faktor yang bisa membuat berat badan seseorang tak turun kendati sudah rajin berolahraga. Hal ini bisa terjadi lantaran kebiasaan lain yang dilakukan orang tersebut.

Sejumlah hal mulai pola makan hingga masalah kesehatan bisa jadi penyebab kamu mengalami hal ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah biang kerok yang bisa membuat berat badanmu tak menurun walau kamu sudah berolahraga secara rutin.

  Sering Olahraga Tapi Bobot Tubuh Tak Turun? Ini Penyebabnya 

Kurang Air Putih

Air memiliki peran yang sangat penting agar kamu tetap sehat dan bugar. Kurangnya cairan pada tubuh selama olahraga bisa membuat kamu jadi makan lebih banyak.

Pada sejumlah kasus, seseorang sering salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar. Konsumsi air yang seimbang bisa menjaga pola makanmu dan membuat asupan air di tubuhmu tetap stabil dan kamu memiliki energi untuk terus berolahraga.

 

Makan Terlalu Banyak Setelah Berolahraga

Walau baru saja berolahraga, berat badanmu mungkin bertambah karena nafsu makan yang tak terkendali. Sebuah penelitian mengungkap bahwa seseorang mungkin kehilangan berat badan lebih sedikit karena meningkatnya nafsu makan usai berolahraga.

"Ketika kamu mulai berolahraga, tubuhmu akan membakar lebih banyak kalori," ungkap Torey Armul dari Academy of Nutrition and Dietetics.

"Ketika kamu membakar lebih banyak kalori, tubuhmu bakal menginginkan untuk makan lebih banyak kalori untuk menutup apa yang telah terbakar," sambungnya.


 Sering Olahraga Tapi Bobot Tubuh Tak Turun? Ini Penyebabnya 

Pilihan Cemilan yang Kurang Sehat

Jenis cemilan yang kamu pilih sebelum dan sesudah berolahraga bisa berdampak sangat signifikan untuk menurunkan berat badan. Konsumsi makanan olahan yang kaya gula bisa membuat kamu kesulitan menurunkan berat badan. Sebaiknya ganti pilihan cemilanmu dengan makanan yang lebih sehat dan rendah lemak.

Copyright © 2016 Raja JP