Rusia Jadi Negara Pertama yang Menyetujui Vaksin Corona

Rusia Jadi Negara Pertama yang Menyetujui Vaksin  Corona

  Rusia menjadi negara pertama yang menyetujui vaksin corona, yang di prediksi kurang lebih dua minggu lagi atau tepatnya pada 10 Agustus bahkan bisa lebih awal.

Seperti yang dilansir dari CNN International, para pejabat Rusia mengatakan vaksin corona akan disetujui untuk penggunaan umum. Namun vaksin ini diprioritaskan untuk para petugas kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan virus corona.

Tapi, Rusia  tidak merilis data ilmiah tentang pengujian vaksinnya. Hal ini membuat para kritikus mengatakan desakan Rusia untuk vaksin datang di tengah tekanan politik dari Kremlin, yang ingin menggambarkan Rusia sebagai kekuatan ilmiah global.


Bahkan ada juga yang khawatir uji coba vaksin pada manusia sebelumnya tidak dilakukan secara lengkap.

Namun ilmuwan Rusia mengatakan vaksin ini cepat dikembangkan karena merupakan versi modifikasi dari yang sudah dibuat untuk memerangi penyakit lain.

Para pejabat Rusia juga mengatakan vaksin yang dibuat dengan cepat dan mendapat persetujuan sesegera mungkin karena wabah corona di Rusia yang cukup parah. Seperti yang dilaporkan Rusia memiliki lebih dari 800 ribu kasus corona.

 "Rusia memperkuat posisi kepemimpinannya dalam pengembangan vaksin dan platform vaksin Ebola dan MERS yang telah terbukti untuk membawa solusi pertama yang aman dan efisien untuk masalah terbesar dunia," Dmitriev, kepala dana kekayaan negara Rusia, dilansir dari CNN.

 Sementara itu, Kementerian Kesehatan Rusia belum mengkonfirmasi tanggal persetujuan vaksin corona pada Agustus.

Copyright © 2016 Raja JP